Sayyid Prof. Dr. Muhammad ibn
Sayyid ‘Alawi ibn Sayyid ‘Abbas ibn Sayyid ‘Abdul ‘Aziz al-Maliki
al-Hasani al-Makki al-Asy’ari asy-Syadzili lahir di Makkah pada
tahun 1365 H. Pendidikan pertamanya adalah Madrasah
Al-Falah, Mekah, dimana ayah beliau Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki
sebagai guru agama di sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai
pengajar di halaqah di Haram Makki, dekat Bab As-salam
Ayah beliau, Sayyid Alwi bin Abbas
Almaliki (kelahiran Mekah th 1328H), seorang alim ulama
terkenal dan ternama di kota Mekah. Disamping aktif dalam berdakwah baik
di Masjidil Haram atau di kota kota lainnya yang berdekatan dengan kota
Mekah seperti Thoif, Jeddah dll, Sayyid Alwi Almaliki adalah seorang
alim ulama yang pertama kali memberikan ceramah di radio Saudi setelah
salat Jumat dengan judul “Hadist al-Jumah”. Begitu pula ayah beliau
adalah seorang Qadhi yang selalu di panggil masyarakat Mekah jika ada
perayaan pernikahan.Selama menjalankan tugas dakwah, Sayyid Alwi bin
Abbas Almaliki selalu membawa kedua putranya Muhammad dan Abbas. Mereka
berdua selalu mendampinginya kemana saja ia pergi dan berceramah baik di
Mekah atau di luar kota Mekah. Adapun yang meneruskan perjalanan dakwah
setelah wafat beliau adalah Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki dan
Sayyid Abbas selalu berurusan dengan kemaslahatan kehidupan ayahnya.
Sebagaimana adat para Sadah
dan Asyraf ahli Makkah, Sayyid Alwi Almaliki selalu
menggunakan pakaian yang berlainan dengan ulama yang berada di
sekitarnya. Beliau selalu mengenakan jubbah, serban (imamah) dan burdah
atau rida yang biasa digunakan dan dikenakan Asyraf Mekah.
Setelah wafat Sayyid Alwi Almaliki, anaknya
Sayyid Muhammad tampil sebagai penerus ayahnya. Dan sebelumnya ia
selalu mendapatkan sedikit kesulitan karena ia merasa belum siap untuk
menjadi pengganti ayahnya. Maka langkah pertama yang diambil adalah ia
melanjutkan studi dan ta’limnya terlebih dahulu. Beliau berangkat ke
Kairo dan Universitas al-Azhar Assyarif merupakan
pilihannya. Setelah meraih S1, S2 dan S3 dalam fakultas Hadith dan
Ushuluddin beliau kembali ke Mekah untuk melanjutkan perjalanan yang
telah di tempuh sang ayah. Disamping mengajar di Masjidi Haram di
halaqah, beliau diangkat sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz-
Jeddah dan Univesitas Ummul Qura Mekah bagian ilmu Hadith dan Usuluddin.
Cukup lama beliau menjalankan tugasnya sebagai dosen di dua
Universiatas tersebut, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri dan
memilih mengajar di Masjidil Haram sambil menggarap untuk membuka majlis
ta’lim dan pondok di rumah beliau.
Adapun pelajaran yang diberikan baik di masjid haram atau di
rumah beliau tidak berpoin kepada ilmu tertentu seperti di Universitas.
Akan tetapi semua pelajaran yang diberikannya bisa di terima semua
masyarakat baik masyarakat awam atau terpelajar, semua bisa menerima dan
semua bisa mencicipi apa yang diberikan Sayyid Maliki. Maka dari itu
beliau selalu menitik-beratkan untuk membuat rumah yang lebih besar dan
bisa menampung lebih dari 500 murid per hari yang biasa dilakukan
selepas sholat Maghrib sampai Isya di rumahnya di Hay al Rashifah.
Begitu pula setiap bulan Ramadan dan hari raya beliau selalu menerima
semua tamu dan muridnya dengan tangan terbuka tanpa memilih golongan
atau derajat. Semua di sisinya sama tamu-tamu dan murid murid, semua
mendapat penghargaan yang sama dan semua mencicipi ilmu bersama-sama.
Dari rumah beliau telah keluar ulama-ulama
yang membawa panji Rasulullah ke seluruh pelosok permukaan bumi. Di
mana negara saja kita dapatkan murid beliau, di India, Pakistan, Afrika,
Eropa, Amerika, apa lagi di Asia yang merupakan sebagai orbit dakwah
Sayyid Muhammad Almaliki, ribuan murid murid beliau bukan hanya menjadi
kyai dan ulama, akan tetapi tidak sedikit dari murid-murid beliau yang
masuk ke dalam pemerintahan.
Di samping pengajian dan taklim yang rutin dilakukan setiap
hari, beliau telah pula berusaha mendirikan pondok yang jumlah santrinya
tidak sedikit, semua berdatangan dari seluruh penjuru dunia, belajar,
makan, dan minum tanpa di pungut biaya sepeser pun bahkan beliau
memberikan beasiswa kepada para santri sebagai uang saku. Setelah
beberapa tahun belajar para santri dipulangkan ke negara-negara mereka
untuk menyiarkan agama.
Sayid Muhammad
Almaliki dikenal sebagai guru, pengajar dan pendidik yang tidak
beraliran keras, tidak berlebih-lebihan, dan selalu menerima hiwar
dengan hikmah dan mauidhah hasanah.thariqahnya.
Dalam kehidupannya beliau selalu bersabar
dengan orang-orang yang tidak bersependapat baik dengan pemikirannya
atau dengan alirannya. Semua yang berlawanan diterima dengan sabar dan
usaha menjawab dengan hikmah dan menjelaskan suatu masalah dengan
kenyataan dan dalil-dalil yang jitu, bukan dengan emosi dan pertikaian
yang tidak bermutu dan tak berkesudahan. Beliau tahu persis bahwa
kelemahan Islam terdapat pada pertikaian para ulamanya dan ini memang
yang diinginkan musuh Islam. Sampai-sampai beliau menerima dengan rela
digeser dari kedudukannya baik di Universitas dan ta’lim beliau di
masjidil Haram. Semua ini beliau terima dengan kesabaran dan keikhlasan
bahkan beliau selalu menghormati orang orang yang tidak bersependapat
dan sealiran dengannya, selagi mereka memiliki pandangan khilaf yang
bersumber dari al-Quran dan Sunah. Adapun ulama yang telah mendapat
gemblengan dari Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki, mereka pintar-pintar
dan terpelajar. Di samping menguasai bahasa Arab, mereka menguasai
ilmu-ilmu agama yang cukup untuk dijadikan marja’ dan referensi di
negara-negara mereka. Beliau ingin mengangkat derajat dan martabat
Muslimin menjadi manusia yang berperilaku baik dalam muamalatnya kepada
Allah dan kepada sesama, terhormat dalam perbuatan, tindakan serta
pikiran dan perasaannya. Beliau adalah orang cerdas dan terpelajar,
berani dan jujur serta adil dan cinta kasih terhadap sesama. Itulah
ajaran utama Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki. Beliau selalu menerima
dan menghargai pendapat orang dan menghormati orang yang tidak sealiran
dengannya atau tidak searah dengannya
Tulisan Beliau
Di samping tugas beliau sebagai da’i,
pengajar, pembibing, dosen, penceramah dan segala bentuk kegiatan yang
bermanfaat bagi agama, beliau pula seorang pujangga besar dan penulis
unggul. Tidak kurang dari seratus buku yang telah dikarangnya, semuanya
beredar di seluruh dunia. Tidak sedikit dari kitab-kitab beliau yang
beredar telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, Prancis, Urdu,
Indonesia dll.
Sayyid
Muhammad merupakan seorang penulis prolifik dan telah menghasilkan
hampir seratus buah kitab. Beliau telah menulis dalam pelbagai topik
agama, undang-undang, sosial serta sejarah, dan kebanyakan bukunya
dianggap sebagai rujukan utama dan perintis kepada topik yang
dibicarakan dan dicadangkan sebagai buku teks di Institusi-institusi
Islam di seluruh dunia. Kita sebutkan sebahagian hasilnya dalam pelbagai
bidang:
Aqidah:
1. Mafahim Yajib an Tusahhah
2. Manhaj As-salaf
fi Fahm An-Nusus
3. At-Tahzir min at-Takfir
4. Huwa Allah
5. Qul Hazihi
Sabeeli
6. Sharh ‘Aqidat al-‘Awam
Tafsir:
1. Zubdat al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an
2. Wa Huwa bi
al-Ufuq al-‘A’la
3. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ulum
al-Quran
4. Hawl Khasa’is al-Quran
Hadith:
1. Al-Manhal al-Latif fi Usul al-Hadith
al-Sharif
2. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith
3. Fadl
al-Muwatta wa Inayat al-Ummah al-Islamiyyah bihi
4. Anwar al-Masalik
fi al-Muqaranah bayn Riwayat al-Muwatta lil-Imam Malik
Sirah:
1. Muhammad (Sallallahu Alaihi Wasallam)
al-Insan al-Kamil
2. Tarikh al-Hawadith wa al-Ahwal
al-Nabawiyyah
3. ‘Urf al-Ta’rif bi al-Mawlid al-Sharif
4. Al-Anwar
al-Bahiyyah fi Isra wa M’iraj Khayr al-Bariyyah
5. Al-Zakha’ir
al-Muhammadiyyah
6. Zikriyat wa Munasabat
7. Al-Bushra fi
Manaqib al-Sayyidah Khadijah al-Kubra
Usul:
1. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi Usul al-Fiqh
2. Sharh
Manzumat al-Waraqat fi Usul al-Fiqh
3. Mafhum al-Tatawwur wa al-Tajdid fi
al-Shari‘ah al-Islamiyyah
Fiqh:
1. Al-Risalah al-Islamiyyah Kamaluha wa
Khuluduha wa ‘Alamiyyatuha
2. Shawariq al-Anwar min Ad‘iyat al-Sadah
al-Akhyar
3. Abwab al-Faraj
4. Al-Mukhtar min Kalam al-Akhyar
5. Al-Husun
al-Mani‘ah
6. Mukhtasar Shawariq al-Anwar
Lain-lain:
1. Fi Rihab al-Bayt al-Haram (Sejarah
Makkah)
2. Al-Mustashriqun Bayn al-Insaf wa al-‘Asabiyyah (Kajian
Berkaitan Orientalis)
3. Nazrat al-Islam ila al-Riyadah (Sukan
dalam Islam)
4. Al-Qudwah al-Hasanah fi Manhaj al-Da‘wah ila Allah (Teknik
Dawah)
5. Ma La ‘Aynun Ra’at (Butiran Syurga)
6. Nizam al-Usrah fi
al-Islam (Peraturan Keluarga Islam)
7. Al-Muslimun Bayn al-Waqi‘ wa
al-Tajribah (Muslimun, Antara Realiti dan Pengalaman)
8. Kashf al-Ghumma
(Ganjaran Membantu Muslimin)
9. Al-Dawah al-Islahiyyah (Dakwah
Pembaharuan)
10. Fi Sabil al-Huda wa al-Rashad (Koleksi Ucapan)
11. Sharaf
al-Ummah al-Islamiyyah (Kemulian Ummah Islamiyyah)
12. Usul al-Tarbiyah
al-Nabawiyyah (Metodologi Pendidikan Nabawi)
13. Nur al-Nibras fi
Asanid al-Jadd al-Sayyid Abbas (Kumpulan Ijazah Datuk beliau, As-Sayyid
Abbas)
14. Al-‘Uqud al-Lu’luiyyah fi al-Asanid al-Alawiyyah (Kumpulan
Ijazah Bapa beliau, As-Sayyid Alawi)
15. Al-Tali‘ al-Sa‘id
al-Muntakhab min al-Musalsalat wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
16. Al-‘Iqd
al-Farid al-Mukhtasar min al-Athbah wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
Senarai di atas merupakan antara kitab
As-Sayyid Muhammad yang telah dihasilkan dan diterbitkan. Terdapat
banyak lagi kitab yang tidak disebutkan dan juga yang belum dicetak.
Kita juga tidak menyebutkan banyak penghasilan turath yang telah dikaji,
dan diterbitkan buat pertama kali, dengan nota kaki dan komentar dari
As-Sayyid Muhammad. Secara keseluruhannya, sumbangan As-Sayyid Muhammad
amat agung. Banyak hasil kerja As-Sayyid Muhammad telah diterjemahkan ke
pelbagai bahasa.
Mafahim Yujibu
an-Tusahhah (Konsep-konsep yang perlu diluruskan) adalah salah satu
kitab karya Sayyid Muhammad yang bersinar layaknya suatu kemilau
mutiara. Inilah seorang manusia yang menantang rekan-rekan senegaranya,
kaum Salafi-Wahhabi, dan membuktikan kesalahan doktrin-doktrin mereka
dengan menggunakan sumber-sumber dalil mereka.
Untuk keberanian intelektualnya ini, Sayyid
Muhammad dikucilkan dan dituduh sebagai “seorang yang sesat”. Beliau
pun dicekal dari kedudukannya sebagai pengajar di Haram (yaitu di
Masjidil Haram, Mekah). Kitab-kitab karya beliau dilarang, bahkan
kedudukan beliau sebagai professor di Umm ul-Qura pun dicabut. Beliau
ditangkap dan passport-nya ditahan. Namun, dalam menghadapi semua hal
tersebut, Sayyid Muhammad sama sekali tidak menunjukkan kepahitan dan
keluh kesah. Beliau tak pernah menggunakan akal dan intelektualitasnya
dalam amarah, melainkan menyalurkannya untuk memperkuat orang lain
dengan ilmu (pengetahuan) dan tasawwuf.
Pada akhir hayatnya yang berkenaan dengan
adanya kejadian teroris di Saudi Arabia, beliau mendapatkan undangan
dari ketua umum Masjidil Haram Syeikh Sholeh bin Abdurahman Alhushen
untuk mengikuti “Hiwar Fikri” di Mekah yang diadakan
pada tg 5 sd 9 Dhul Q’idah 1424 H dengan judul “Al-qhuluw wal
I’tidal Ruya Manhajiyyah Syamilah”, di sana beliau mendapat
kehormatan untuk mengeluarkan pendapatnya tentang thatarruf atau yang
lebih poluler disebut ajaran yang beraliran fundamentalis atau
ekstremis. Dan dari sana beliau telah meluncurkan sebuah buku yang
sangat popular dikalangan masyarakat Saudi yang berjudul “Alqhuluw
Dairah Fil Irhab Wa Ifsad Almujtama”. Dari situ, mulailah
pandangan dan pemikiran beliau tentang dakwah selalu mendapat sambutan
dan penghargaan masyarakat luas.
Pada tanggal 11/11/1424 H, beliau mendapat kesempatan untuk
memberikan ceramah di hadapan wakil raja Amir Abdullah bin Abdul Aziz
yang isinya beliau selalu menggaris-bawahi akan usaha menyatukan suara
ulama dan menjalin persatuan dan kesatuan da’wah.
Beliau wafat meninggalkan 6 putra, Ahmad,
Abdullah, Alwi, Ali, al- Hasan dan al-Husen dan beberapa putri-putri
yang tidak bisa disebut satu persatu disini .
Beliau wafat hari jumat tg 15 ramadhan 1425
dan dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la disamping kuburan istri Rasulallah
Khadijah binti Khuailid ra. Dan yang menyaksikan penguburan beliau
seluruh umat muslimin yang berada di Mekah pada saat itu termasuk para
pejabat, ulama, para santri yang datang dari seluruh pelosok negeri,
baik dari luar Mekah atau dari luar negri. Semuanya menyaksikan hari
terakhir beliau sebelum disemayamkan, semua menyaksikan janazah beliau
setelah disembahyangkan di Masjidil Haram ba’da sholat isya yang
dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta manusia. Begitu pula selama tiga
hari tiga malam rumahnya terbuka bagi ribuan orang yang ingin
mengucapkan belasungkawa dan melakukan `aza’. Dan di hari terakhir `Aza,
wakil Raja Saudi, Amir Abdullah bin Abdul Aziz dan Amir Sultan datang
ke rumah beliau untuk memberikan sambutan belasungkawa dan mengucapkan
selamat tinggal kepada pemimpin agama yang tidak bisa dilupakan umat.
Semoga
kita bisa meneladani beliau. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar